Halaman

Selasa, 04 September 2012

Mancing Mania

Mancing Mania... sekilas pikiran kita pasti langsung tertuju pada sebuah acara  sport fishing yang ditayangkan salah satu televisi swasta setiap hari Sabtu dan Minggu sore. Anda semua tidak salah, saya pun salah satu penggemar berat acara tersebut. Kalo tidak ada keperluan atau kepentingan lain saya pasti udah nongkrong di depan tivi pada jam acara tersebut di tayangkan. Bahkan pernah waktu awal-awal tayangan tersebut tayang dan kebetulan saya sedang ada keperluan, dengan sedikit rayuan gombal saya nyuruh istri saya untuk merekam tayangan tersebut pake kamera HP ala kadarnya biar bisa saya tonton setelah saya sampai rumah ( sampai segitunya ya.. wkwkwk.. ). Semua itu saya lakukan bukan karena saya seorang TV junkies ya.., semua lebih dikarenakan hobi saya yaitu memancing.

Yang akan saya bahas mengenai Mancing Mania disini bukan mengenai tayangan televisi ya, walaupun jujur saya sering terinspirasi bahkan sering banget berandai-andai "kapaaan ya saya diajak ikutan Team Mancing Mania taping tayangan tersebut" heheheh... Yang akan saya bahas adalah mengenai hobi saya yaitu memancing. Dari kecil saya memang sudah suka memancing, sangat suka sekali malah..^^ Mulai mancing di empang, kolam, sawah, selokan, sungai, waduk, muara, sampai laut sudah pernah saya lakukan. Berbagai jenis ikan mulai dari Wader sampai Kueh udah pernah saya dapatkan. Cuman untuk akhir-akhir ini, lebih tepatnya setelah saya berkeluarga kegiatan memancing saya lebih sering saya lakukan di muara dan laut. Untuk iseng-iseng kala musim panen padi di sawah tiba saya sesekali memancing belut di sawah. Oh iya, dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada seluruh pemancing kolam di seluruh belahan dunia, saya cuman mau bilang kalo saya sangat anti mancing di kolam pemancingan. Menurut saya sih kalo mancing di kolam pemancingan gak ada tantangannya dan sensasinya kurang. Menurut saya loh.. Piss...^^

Kenapa akhir-akhir ini saya hanya memancing di muara dan laut saja..? Mungkin lebih dikarenakan faktor jenis ikan dan sensasinya. Terus terang saja saya memancing selain untuk mencari kepuasan juga untuk saya konsumsi. Apalagi anak-anak saya masih dalam usia pertumbuhan dan mengkonsumsi ikan sangatlah dianjurkan. Selain itu, sensasi "strike" ikan muara dan laut lebih mantaabbs tarikannya. Kenikmatan sensasi strike benar-benar tak ternilai rasanya. Bahkan ada seorang teman yang bilang rasanya seperti "orgasme". Yah anggep aja teman saya terlalu berlebihan mengungkapkannya. Saya mancing di laut dengan teknik Pasiran atau istilah kerennya "Surf Fishing" yaitu teknik mancing di laut dari pinggiran pantai dilempar ketengah laut. Kenapa dengan teknik tersebut, karena selain keterbatasan alat saya juga paling tidak kuat mabuk laut. Toh dengan teknik tradisional tersebut tidak jarang ikan-ikan besar bisa saya dapatkan.

Pengalaman memancing yang tidak terlupakan dalam hidup saya adalah memancing di Segoro Anakan Gunung Rinjani Lombok Nusa Tenggara Barat. Selain ikannya besar-besar, suasana alam exotis nya yang membuat saya sulit melupakannya. Bayangin aja, memancing di alam bebas di atas ketinggian gunung dengan ikan yang banyak dan besar-besar tentu saja membuat terkesan. Kapan bisa balik kesana lagi ya... Semoga suatu saat nanti saya bisa kesana lagi..

Hobi memancing saya sering kali menemui benturan, terutama dengan istri saya hehehe..^^
Dia pasti selalu cerewet kalo saya sudah mulai kambuh mancing. Terus terang aja, saya sering lupa waktu kalo sudah asyik memancing. Mungkin itu yang membuat istri saya sering panik dan pasang muka bete kalo saya sudah pamit pergi memancing. Namanya udah hobi, anjing menggonggong kafilah tetap berlalu toh nanti juga diem sendiri hehehe.. Pokoknya "Omah Muring Tetep Mancing" wkwkwkwk.. (^^)

Kiranya demikian Mancing Mania versi saya. Dibawah saya lampirkan beberapa foto kegiatan mancing saya yang sempat terdokumentasi. Salam "STRIKE" untuk semua pemancing di seluruh penjuru dunia.


Pantai Karang Wuni Kulon Progo

Panjul with Twin Gatho


lomba Mancing di Parang Tritis

Ikan Pari 

1 komentar:

  1. waaah mantap agan bro...
    boleh dong kita kenal...
    lain waktu kalo mancing mau dung ane di ajakin...

    salam

    BalasHapus